Beberapa hari yang lalu saya menghadiri undangan pernikahan di Sydney. Berhubung ada kesempatan untuk berkumpul dengan teman-teman, saya membawa digital kamera untuk mengabadikan event tersebut. Selama resepsi pernikahan saya mengambil beberapa foto bersama teman-teman dan juga foto keluarga. Setelah selesai acara pernikahan tersebut, keesokannya harinya saya mulai menyeleksi foto-foto yang layak disimpan dan menghapus foto-foto yang kurang berkenan :-)

Setelah proses seleksi foto selesai, saya memindahkan foto-foto tersebut dari memory card digital camera saya ke hard disk komputer untuk disimpan. Tahap selanjutnya adalah memastikan foto-foto tersebut tersimpan secara aman di hard disk komputer sebelum menghapus foto tersebut dari memory card. Dengan perasaan puas karena hasil foto yang cukup bagus, saya dengan PD menghapus file foto tersebut dari memory card agar memory card tersebut dapat digunakan untuk foto-foto lagi.

Ternyata beberapa hari setelah event pernikahan tersebut tiba-tiba hard disk komputer saya terkena masalah. Pada saat menyalakan komputer terdapat pesan error sehingga komputer tidak dapat dinyalakan. Wah kaget banget waktu mendapatkan pesan error tersebut dikarenakan foto-foto tersebut belum sempat di backup ke DVD/CD dan telah dihapus dari Memory Card. Selain itu Memory Card tersebut sudah digunakan untuk foto-foto lagi ! Saya sedih, kecewa, marah ama diri sendiri (karena menunda backup foto ke DVD/CD).

Setelah mencoba menyalakan komputer beberapa kali dan mendapatkan hasil yang sama, akhirnya saya mencari hard disk lama yang masih bisa dipakai untuk mengganti hard disk yang rusak untuk sementara. Setelah melakukan instalasi Windows XP baru dan setup beberapa software yang dibutuhkan akhirnya komputer saya siap untuk dipakai lagi tetapi file fotonya masih tetap tidak terselamatkan.

Berbekal hard disk sementara dengan bantuan Google Search Engine, saya mulai mencari software yang dapat mengembalikan foto-foto yang hilang tersebut. Pencarian tersebut tidak berakhir sia-sia. Setelah membaca beberapa review mengenai software untuk menyelamatkan file yang hilang dari Memory Card baik yang membayar dan yang gratis ( tentu saja dapat yang gratis jauh lebih baik daripada yang mesti beli hehehe ), saya memutuskan untuk menggunakan software Zero Assumption Recovery – Digital Image Recovery. Software ini dapat di download & digunakan secara gratis ( lumayan ngak usah keluar uang buat beli software ).

Cara penggunaan software ini sangat mudah dengan penjelasan tahap demi tahap cara pemakaian yang sangat mudah diikuti di situs Zero Assumption Recovery.

Setelah mendownload dan install software tersebut serta mengikuti step by step, akhirnya foto-foto saya yang telah dihapus dapat terselamatkan…..Happy Ending :-)   !

Anda dapat mendownload software tersebut di sini. Anda pernah mengalami pengalaman serupa ? Jangan buru-buru menyerah…coba menggunakan software ini.